Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Supaya Mobil Irit Bahan Bakar

MobilMGJakarta.my.id - Hi #SahabatMG! Cara Supaya Mobil Irit Bahan Bakar (BBM) tips otomotif oleh mobilmgjakarta.my.id untuk warga Jakarta khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya. Kita sering mendengar atau mungkin mengalami sendiri, bahwa mobil berkapasitas mesin (CC) kecil kok boros Bahan Bakar Minyak (BBM). Misalkan mobil 1200CC kok dapat averagenya cuma 7kilometer/liter. Kok bisa begitu, padahal mobil jarang dipakai. 


 

Baiklah Kami akan menjelaskan. Rata-rata bahan bakar dihitung saat mobil dalam kondisi menyala mesinnya atau bergerak). Jadi, salah satu dari kedua hal tersebut dapat mempengaruhi hasil rata-rata konsumsi BBM. Ketika mobil Anda jarang dipakai, tetapi setiap hari dipanasi mesinnya, maka rata-rata (average)  bahan bakar akan turun. Contohnya, jika Anda memiliki mobil 1000CC,  selama 3bulan tidak dipakai, namun setiap hari mesin dihidupkan selama 15menit, maka bisa jadi rata-rata konsumsi BBM nya menunjukkan 1/7kilometer artinya 1liter untuk jarak tempuh 7kilometer. Bukan alat ukurnya yang keliru,  atau bahkan mobilnya yang rusak, hal ini terjadi karena saat mobil diam namun mesin hidup rata-rata konsumsi BBMnya tetap dihitung dengam pergerakan 0km. 

Cara Irit BBM Mobil Matic

Banyak yang beranggapan mobil matic tidak bisa irit BBM alias boros. Sebenarnya hal tersebut tidak terlalu tepat, mobil matic juga bisa irit BBM asal tau caranya. Baiklah langsung kita bahas ya... 

  1. Injak Pedal Gas secara lembut. Banyak pengguna mobil matic adalah pengguna mobil manual sebelumnya. Hal ini memberikan sensasi mobil matic serasa berat tarikannya, akhirnya menginjak gas secara kasar atau langsung dalam. Hal ini tidak akan terlalu meningkatkan akselerasi mobil Anda, menjadi boros iya. Terutama bagi Anda yang mobil maticnya belum menggunakan sistem CVT. Memakai mobil matic itu sama halnya Anda harus menerima term condition bahwa memang mobil matic kurang responsive dibandingkan mobil manual. Maka dari itu, supaya irit bahan bakar (BBM) injaklah pedal gas secara lembut.
  2. Gunakan BBM yang sesuai standat. Jika mobil matic Anda standart BBMnya menggunakan pertamax maka jangan menggunakan bensin untuk mengisi BBM. Bukan tambah irit justru hal ini dapat merusak mesin dan menjadikan mesin boros. Lha kok bisa? Begini, ketika Anda menggunakan bensin/premium, maka residu/sisa bahan bakar mobil Anda akan banyak yang menempel di part mesin. Hal ini jika dilakukan secara terus-menerus maka akan menimbulkan semacam kerak pada mesin. Nah, dari sinilah masalah boros BBM akan muncul. Jika Anda terus-menerus mengisi BBM tidak sesuai standat maka akan terjadi kerusakan mesin cepat maupun lambat. 
  3. Hindari rute jalan macet. Banyak orang mengeluhkan bahwa mobil matic itu biros saat di jalan macet. Sebenarnya bukan hanya mobil matic, mobil manual juga boros saat jalan macet. Kenapa demikian? Alasannya sudah Kami jelaskan diawal, saat mesin mobil hidup maka rata-rata konsumsi BBM akan dihitung meskipun mobil tidak berjalan. Dan Kita patokannya adalah MID pada mobil dengan melupakan faktor penyebabnya. Sehingga, kita mengambil kesimpulan bahwa mobil matic boros terlebih dijalan macet. Kenapa sih di jalan macet mobil matic lebih boros? Begini, hal ini karena rasio dan jumlah gigi mobil matic lebih sedikit dibandingkan mobil manual, sehingga saat berjalan kemudian berhenti, kemudian berjalan lagi, dan terus berulang-ulang, maka akan menjadikan mobil matic lebih boros. Hal ini karena angkatan mesin pada mobil matic lebih berat dari mobil manual (walaupun tidak semuanya begitu).  Maka dari itu, hindarilah rute jalan macet. Sebaiknya Anda pantau melalui GPS atau Google map sebelum memulai perjalanan. 

Itulah tips untuk irit BBM dari mobilmgjakarta.my.id. Nantikan Kami untuk tips otomotif berikutnya yang pasti akan sangat bermanfaat bagi Anda. 

(PSU)


Posting Komentar

0 Komentar